mengenal sosok steve job

Siapa yang  tidak mengenal sosok fenomenal seperti Steve job, seorang penemu, genius, pemimpin dari perusahaan raksasa apple. tentu semua orang mengenalnya termasuk anda, dia adalah salah satu pemimpin perubahan dalam dunia teknologi, dengan ide-ide gilanya steve membuat inovasi-inovasi yang menghasilkan sebuah mahakaraya yang bisa dinikmati oleh seluruh dunia. Steve memang sudah tiada namun namanya masih hidup dalam karyanya yang ia tinggalkan sekarang yang semakin berkembang pada generasi penerusnya di apple.
steve job terlahir dari rahim seorang berkebangsaan amerika Joanne schieble yang berprofesi sebagai patalog bahasa wicara dan ayahnya abdulfattah jandali yang berkebangsaan suriah adalah seorang profesor politik. keduanya bertemu saat berusia 23 tahun ketika mereka sama-sama sedang menuntut ilmu di pascasarjana Unversity of wisconsin. Namun di karenakan keluarga dari Joanne schieble tidak setuju anaknya menikah dengan seorang berkebangsaan suriah maka keduanya berpisah dan memutuskan untuk membiarkan anaknya abdul lateef jandali  di adopsi oleh orang lain. Kemudian abdul lateef jandali di adopsi oleh paul jobs dan clara jobs dan memberikan nama baru kepada abdul lateef jandali kecil steve paul jobs  atau kita kenal sekarang steve job.
Ketertarikan jobs  pada dunia elektronik terlihat ketika SMA dia mulai membuat macam macam peralatan elektronik tingkat pertama seperti alat pengeras suara yang ia hubungkan keseluruh ruangan di rumahnya, radio amtir dan peralatan elektronik lainnya. Setelah jobs lulus dari SMA jobs meneruskan kuliah di reed collage namun  masa kuliahnya tidak berlangsung lama hanya bertahan 6 bulan jobs memutuskan untuk drop out dan hanya memilih kuliah yang ia sukai saja yaitu kelas kaligrafi.
Di awal karirnya di tahun 1974 jobs mendapatkan sebuah pekerjaan di peruhsaan permainan video ATARI namun pekerjaan ini bukanlah tujuan utamanya dia tidak berniat untuk berkarir di perusahaan ATARI namun tujuan jobs bekerja adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritualnya ke India .
Di usianya yang ke 21 tahun steve jobs mendirikan perusahaan pertamanya bersama steve wozniak sahabat karibnya sejak SMA. Dan perusahan itu mereka beri nama Apple Computer, mereka mengawali bisnis mereka di sebuah garasi rumah milik jobs. Dan pada tahun 1984 mereka mengenalkan produk pertama mereka apple 1 yang kabarnya saya kutip dari CNN  pada juni bulan desember 2014 kemarin produk apple 1 itu di lelang seharga US$ 600 ribu atau sekitar Rp 7,2 miliar Sungguh fantastis. di garasi itulah awal bisnis steve jobs bersama steve wozniak  dan disitu pula mereka mendapatakn pesanan pertama dari paul tarrel seorang pemilik toko komputer untuk memasok 50 unit komputer yang tidak mereka sia-siakan meski harus meminjam modal terlebih dahulu untuk memenuhi pesanan tersebut sehingga pesanan tersebut menjadi awal kesuksesan dari perusahan Apple milik mereka.
Seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa jobs adalah seorang yang keras kepala, gigih,penuh keyakinan dan memiliki ide-ide gila dalam mengelola perusahaannya ia mencipatakan inovasi inovasi baru sehingga tercipta Apple II, macintosh, ipod, iphone dan ipad sehingga hanya dalam satu dekade perusahaannya berkembang dan bernilai $2miliar. Namun dalam perjalannnya itu ia malah di pecat dari perusahaan yang ia bangun oleh CEO yang dia angkat sebelumnya.
Ketika jobs di pecat dari perusahaannya sendiri, dia tidak menjadi putus asa malah dalam kondisi seperti itu dia membuktikan bahwa dia adalah orang yang jenius dengan ide-idenya yang tidak  habis bahkan ketika  berhenti dari Apple. pada tahun 1985  ia kemudian mendirikan NeXt sebuah perusahaan komputer yang berpusat di reedwood city, california dan selanjutnya ia mendirikan Pixar studio, sebuah perusahaan yang bergerak di dunia perfilman  pada tahun 1986 dan dalam kurun lima tahun perusahaan itu mencapai sukses besar yang akhirnya di beli oleh Apple dan membuat jobs kembali pada perusahaan yang ia dirikannya itu.

Sikap pantang menyerah, percaya diri dan meyakini visi yang  ia miliki membawa steve jobs dalam karir yang luar biasa. Ide-ide gila yang nampak dalam karyanya membuat dia menjadi panutan bagi generasi selanjutnya untuk terus menciptakan inovasi-inovasi yang mampu menjadi penggerak perubahan di dunia. Steve jobs menyadari bahwa usia hidupnya terbatas sehingga dia memakasimalkan hidupnya  dengan membuat karya yang hidup sepanjang masa.
Previous
Next Post »